MAKNA SAHABAT DALAM FILOSOFI KENABIAN
Bangsa Arab tercatat
dalam sejarah adalah bangsa yang
terpojok diantara hegemoni kerajaan besar yang sudah begitu kuat pada masanya,
yakni kerajaan Romawi dan Persia. Dengan hadirnya Islam, bangsa Arab menjadi
mulia serta terangkat derajatnya lewat sentuhan lembut dari seorang penghulu
alam sang inspirator ulung Nabi Muhammad saw.
Muncul Sebuah pertanyaan yang mesti diuraikan hari ini adalah, adakah disa‘at Nabi
Muhammad saw. mendidik sahabat-sahabat beliau dengan mengirim belajar pada kedua
kerajaan besar tersebut, untuk belajar menguasai dunia, terutama sekali bertujuan untuk mengalahkan dua kerajaan besar tersebut. jawabanya tentu tidak,
namun sebaliknya Rasul mendidik sahabat-sahabatnya dengan metode pembelajaran
yang tertanam dalam Al-Quran dengan
menggunakan konsep amanah, fathanah, siddiq dan tabligh,
lembut, berkeyakinan, konsisten, sehingga dua kerajaan
besar Romawi dan Persia dapat direbut dan diruntuhkan oleh sekelompok besar
orang-orang yang didik langsung oleh Nabi Muhammad
saw. begitulah tercatat dalam sejarah perkembangan Islam.
Istilah sahabat
sebagaimana dijelaskan oleh Abdul Mustaqim, dalam Madzahibut Tafsir, shahabat
itu berasal dari bahasa Arab, yakni “al-ahshab, ash-shahabah, shahaba, yashhubu, Suhbatan, ar-rafiq, dan Shahibun”, yang artinya, teman bergaul, teman
duduk, pengikut, teman dekat, atau orang yang melakukan dan menjaga sesuatu.
Imam Ahmad bin Hambal, menyebutkan sahabat rasul adalah orang yang pernah hidup
bersama Nabi Muhammad saw. baik hidup dalam masa
satu bulan, satu hari, atau sesaat melihatnya.
Sa’id bin Musayyaf merupakan seorang pemuka tabi’in, mengemukakan
sahabat adalah orang-orang yang hdup bersama Rasulullah saw. selama satu, atau dua tahun dan pernah ikut berperang satu atau dua kali.
Menurut Ibnu Hajar Al-Haitami, shahabat itu adalah orang yang pernah
berjumpa dengan Nabi Muhammad saw. dan orang tersebut menjadi Mukmin dan hidup bersama beliau, baik dalam
durasi waktu yang lama maupun sebentar, baik orang tersebut meriwayatkan hadis
maupun tidak dari Nabi, atau orang yang pernah melihat sekali, atau tidak
pernah melihat Nabi karena tidak bisa melihat.
Ahmad Muhammad Syakir, memberikan penekanan pembahasan ketika membicarakan tentang
sahabat dengan berbagai sudut pandang, hannya terdapat beberapa kata yang dapat
dihubungkan dengan sahabat seperti, tushahibni, shahibahuma, shahibahu,
shahibatahu, ashab, ashhabun.
Kata-kata tersebut dibanyak tempat dalam Alquran dan berulang disebutkan
sebanyak 97 kali. Penjelasan lebih lanjut bahwa yang termasuk dalam katagori ini
adalah orang yang sempat bertemu dengan Nabi, baik bertemu dalam rentang waktu
yang lama maupun singkat, baik meriwayatkan hadis dari beliau maupun tidak,
turut berperang dengan beliau maupun tidak pernah ikut berperang, orang yang
pernah melihat dan ikut menemani beliau maupun tidak pernah ikut menemaninya,
dan orang-orang yang bisa melihat beliau disebabkan dengan sesuatu hal karena
matanya tidak bisa melihat.
Dari beberapa uraian pengertiaan kata sahabat di atas, dapat disimpulkan
bahwa yang dikatakan sahabat nabi adalah semua orang yang pernah melihat,
bertemu, atau tinggal bersama Nabi Muhamm saw. walaupun
tidak terlalu lama, tetapi pernah mengikuti berbagai aktifitas dakwah Nabi, dan
orang tersebut tetap menjaga imannya mulai dari awal memilih Islam sebagai
jalan hidup hingga masa kehidupannya berakhirnya.
Tidak penting sudah berapa banyak ijazah yang telah engkau koleksikan,
sebab kertas yang berlabel perguruan tinggi itu cuma berfungsi sebagai tanda
alumni saja. Hal yang penting di kembangkan adalah seberapa bergunakah ucapan
dan tindakanmu itu bisa dinikmati oleh orang lain sebagai tanda intelektualitas
yang hidup di tengah-tengah komunitas kemasyarakatan. Efek dari proses belajar
akan mmenghasilkan perkataan yang menambah wawasan keilmuan walaupun ucapan itu
sepatah kata, serta tindakan kebaikan kepada yang lain walaupun dengan tindakan
yang sederhana.
Tugas utama yang harus dilakukan oleh generasi studi di lembaga
pendidikan adalah belajar dengan giat sampai saatnya mengikuti ujian. Jika
ujian tiba soalpun diperiksa oleh guru dan nilainya akan diberikan sesuai
dengan kemampuan murid dalam menjawab soal ujian, yang mana kemampuan tersebut
diisi didalam sebuah raport. Pada tahapan ini sesama murid tidak dibolehkan
untuk saling mengisi rapor, sebab tugas mengisi rapor adalah wilayah, hak, dan
tugasnya guru.
Disaat yang sama bukankah manusia hidup di dunia ini persis sama
seperti seorang murid sebagai pelaku studi yang sedang belajar, lalu kemudian dalam
perjalanannya akan selalu berhadapan dengan ujian-ujian dari Tuhan. Nah, jika sesama
murid tidak dibolehkan saling mengisi rapor dalam artian analogi bahwa sesama
manusia yang sedang mengikuti proses hidup tentu yang disuruh itu adalah terus
menerus belajar memperbaiki diri, bukan saling menilai antara satu dengan yang lainnya
apalagi menjustifikasi syurga dan neraka, baik dan buruk kepada sesama manusia.
Sesama pelaku studi tidak dibolehkan mengisi rapor. Hak memberikan
nilai akhir pada manusia adalah Tuhan, jadi Tuhanlah yang berhak mengisi rapor
bagi keberhasilan seseorang dalam proses keberhasilan memperbaiki dirinya,
sehingga syurga menanti disaat manusia itu kembali kepada-Nya.
Transformasi ilmu pengetahuan tidak mengenal adanya istilah etika
dalam proses interaksinya yang ada saling mengingatkan. Inilah konsep Islam
yang disebut tawasuth atau proses berfikir moderat serta memposisikan
diri pada garis tengah, ekstrem tidak liberal pun buka. Antara ekstrem kanan
dan liberal, posisi ditengah-tengah itulah prinsip yang dibangun dalam
cara berfikir dialektika Ahlussunnah
Wal Majama'ah.
Nah, untuk menjadi tawasuth dalam berfikir bukan sekedar berpengetahuan saja. Disinilah
sesama kaum yang sudah dianugerahkan secara natural potensi akal oleh Tuhan butuh
wadah diskusi yang logis dan saling mengisi, supaya sampai pada kesimpulan
saling memahami. Sehingga pada akhirnya kita tidak terjebak dalam prilaku brutal,
beringas, mau menang sendiri dalam
memahami dirkursus keilmuan dalam memahami paradigma budaya memahami memahami
terhadap persoalan ilmu pengetahuan agama.
Menghidupkan budaya critikalisasi dialektical dalam
forum keilmuan, agar supaya fungsi studi sesama murid berjalan. Sesama generasi
stuudi punya hak untuk menguasai kelas, punya hak untuk mendiskusikan setiap
mata pelajaran, akan tetapi yang mempunyai hak preogratif untuk memberi
nilai tetap guru. Pada wilayah ini sesama murid tidak diboleh saling memvonis
nilai dan menghakimi, sebagaimana manusia tidak diberikan hak untuk menilai dan
menghakimi orang lain karena penilaian benar atau salah itu adalah wilayah
ketuhanan. Di sini manusia harus menggunakan kaca mata manusia dalam melihat
dan menilai manusia yang lainnya.
Diceritakan dalam sejarah Nabi
Muhammad saw. tidak pernah mempunyai seorangpun murid dan tidak pernah mempunyah
sebutan yang rendah ketika Nabi mengidentivikasi orang yang lain ikut bersama
beliau, apalagi memposisikan orang lain sebagai pribadi suruhan, atau dalam
bahasa kita hari ini seorang budaknya atau anak buahnya Nabi yang dipekerjakan
dan siap melaksanakan tugas dengan aturan yang berlaku oleh pemilik usaha atau
perusahaan.
Nabi juga tidak pernah mempunyai seorang, santri, siswa, dan mahasiswa
disa‘at proses transformasi ilmu dilakukan kepada orang-orang yang mendiami
kota Mekkah dan Madinah sa ‘at itu. Namun sebaliknya yang ada hanyalah panggilan
dengan sebutan yang bernarasi sahabat (partnership). Sahabat yang empat
disebut dengan Khulafaur ar-rasyidin.
Sahabat-sahabat Nabi ini jumlahnya ribuan orang, ada sahabat yang kaya, ada
sahabat yang ‘alim dengan pengetahunnya, sahabat yang bijak, sahabat yang kuat
fisiknya, dan sahabat-sahabat dengan berbagai macam potensi yang lainnya. Masing-masing
sahabat mem-punyai kelebihan dan kekurangannya dan masing-masing sahabat siap
melaksanakan perintah dari sahabat besarnya yaitu Nabi Muhammad saw.
Sahabat yang baik adalah sahabat yang mampu menerjemahkan bahasa dan perkataan
sahabatnya kearah yang jauh lebih baik, sehingga memunculkan pemahaman yang
lebih berkembang dan tercerahkan. Bukan malah memutarbalikkan perkataan
sahabatnya sehingga terjadilah keributan dimuka bumi oleh karena sifat
kebencian yang dimunculkan, bukan menutup potensi permusuhan.
Ketinggian akhlak dan sifat Nabi Muhammad saw. yang mesti kita praktekkan hari ini
adalah sebuah pengakuan kolektif bahwa semua kita adalah bersahabat. Kata
sahabat mengandung unsur makna yang sangat tinggi, roman, dan indah. Makna
filosofis sahabat itu lebih ‘arif dan agung dalam hal proses komunikasi
keilmuan, sehingga hubungan keduanya mengandung revealing at the sametime
konseling yang saling mempengaruhi sikap kebersahajaan. Pada tahapan lebih
jauh saling berusaha untuk menciptakan serta memunculkan eksistensi sahabat
dalam segala hal, lalu pada tahapan berikutnya bersama- sama saling memuliakan.
Sekiranya bagi mereka yang mengklaim pewaris para Nabi memahami konteks
sejarah dalam hal yang berkaitan dengan sahabat. Al-‘ulama u waratsatul
anbiya seharusnya menjadi sahabat bagi ummatnya. Orang-orang yang sudah
memilih jalan para kiai, ustadh, dosen, guru, teungku atau posisi para pelaku
kelimuan, baik ilmu yang menyangkut dengan agama maupun ilmu pengetahuan umum tidak
menjadikan orang yang sedang mengikuti proses belajar dengannya sebagai murid,
melainkan lebih dari itu menjadikan
sebagai sahabatnya. Bukan malah menjadikan sahabat itu sebagai muridnya.
Historical facts Nabi Muhammad saw., adalah seorang pemimpin, baik pemimpin keluarga,
pemimpin pemerintahan negara, maupun pemimpin perang sebagai panglima. Dalam
menjalankan roda pemerintahan sebagai kepala negara Nabi Muhammad saw. tidak pernah mempunyai anak buah apalagi menjadikan mereka sebagai anak
buahnya, namun semua yang terlibat dalam proses pelaksanaan ketatanegaraan dan
sebagai pemangku keagamaan dalam menyebarkan ajaran Islam Nabi Muhammad saw.
tetap memposisikan mereka adalah sahabat bukan anak buah, bukan pesuruh, dan
bukan budak.
Seyogianya yang hari ini mengakui sebagai pewaris para Nabi sudah
semestinya menjadikan semua yang ada di alam ini sebagai sahabat bukan pesuruh,
atau murid apalagi menganggap sebagai
buruh dan budak. siapapun anda dimanapun posisinya bersahabatlah kepada sesama
lalu kita saling menjaga dan saling mengisi kekurangan masing-masing, bukan
malah menjadikannya buruh atau budak sehingga engkau menjajah hak-hak mereka
atas dirimu. Jika prilaku arogansi yang muncul dalam diri seseorang akan menjadikan
orang yang dibawahnya sebagai pribadi yang rendah. Maka ketimpangan sosial akan
meng eksistensi survival dan berkelanjutan.
Siapapun kamu, apapun posisimu, sebesar apapu pengaruhmu, setinggi apa
kedudukanmu dalam struktur sosial, sebanyak apa harta kekayaan yang engkau
miliki, Mari bersahabat, karena persahabatan itulah yang dibangun oleh Nabi
Muhammad saw. dalam memperjuangkan Islam dan memorjusuwarkannya
diseluruh sentro dunia. Sebagaimana misi persahabatan yang dibangun oleh Nabi
diterjemahkan dalam bentuk ungkapa hadeh maja masyarakat Aceh dengan
ungkapan, “lam mekat tamesare, lam megle tamebila, lam gampong tametulong
alang, lam meblang tamesyedara”. (dalam perdangangan kita bergerak bersama,
ketika dihutan kita saling membela, dalam komunitas kita saling membangun sifat
gotong royong saling membantu, sementara dalam urusan persawahan (bertani) kita
bersaudara).
Komentar
Posting Komentar